KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN - Hallo sahabat Sehat Yuk, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN
link : KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

Baca juga


KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman asli Indonesia yang tumbuh secara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Pada zaman dahulu budaya kakek dan nenek kita sering mengunyah daun sirih bersama dengan gambir, pinang dan kapur, namun seiring dengan perkembangan zaman hal tersebut berangsur-angsur telah menghilang. Daun sirih mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan berbagai upacara adat.
 
Di daerah NTB (Nusa Tenggara Barat), penduduk Suku Bayan yang dipimpin oleh Raden Wira Anom (dipanggil Mamiq) adalah salah satu suku yang masyarakatnya kental dengan budaya nyirih. Menurutnya, tradisi tersebut merupakan sebuah filosofi kehidupan. Kapur digambarkan seperti tulang, dan pinang adalah dagingnya, sementara daun sirih merupakan bagian tubuh yang menutupi keduanya, sehingga tercipta air liur berwarna merah yang juga dikatakan sebagai darah.


KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN


Daun sirih sangat mudah didapatkan karena merupakan salah satu tanaman yang popular di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi maupun di dataran rendah.Daun sirih yang dikenal ada 3 jenis, yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. 

Namun yang paling banyak dikenal dan digunakan dimasyarakat adalah daun sirih merah dan hijau, yang bisa dibedakan hanya dengan melihat warna. Khasiat daun sirih yang berhubungan dengan sifat antiseptiknya lainnya adalah, memperkuat gigi, mengatasi bau badan dan mulut, gatal, mimisan, korengan, keputihan dan sebagai afrodisiak. 

Daun sirih memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan bersifata antiseptic yang bisa untuk mengatasi diabetes dan juga jika meminum air rebusan daun sirih merah setiap hari dengan teratur akan mendapatkan hasil yang bagus untuk menurunkan kadar gula sampai darah kembali normal.

Senyawa flavoid dan polifenol sendiri berguna sebagai antioksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kangker pada tubuh. Serta Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah memiliki manfaat sebagai desinfektan dan antijamur, Sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan.




Demikianlah Artikel KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

Sekianlah artikel KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN dengan alamat link https://sehatyuk21.blogspot.com/2015/08/khasiat-daun-sirih-bagi-kesehatan.html

0 Response to "KHASIAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN "

Posting Komentar