BROTOWALI BAGI KESEHATAN

BROTOWALI BAGI KESEHATAN - Hallo sahabat Sehat Yuk, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BROTOWALI BAGI KESEHATAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BROTOWALI BAGI KESEHATAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BROTOWALI BAGI KESEHATAN
link : BROTOWALI BAGI KESEHATAN

Baca juga


BROTOWALI BAGI KESEHATAN


Bratawali, brotowali, atau akar aliali (Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff.f.; juga T. cordifolia (Thunb.) Miers dan T. rumphii Boerl.) adalah tanaman obat tradisional Indonesia yang biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan. Rebusan batangnya yang terasa sangat pahit biasa dijadikan obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan membantu mengurangi gejala kencing manis. 

Di Indonesia, selain dikenal dengan nama bratawali, tanaman ini juga dikenal dengan nama daerah andawali, antawali, putrawali atau daun gadel. Klasifikasi dari tanaman ini termasuk kedalam famili tanaman Menispermaceae. Tanaman ini kaya kandungan kimia antara lain alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin). 

Sejak dahulu nenek moyang kita telah mewariskan cara pengobatan tradisionl dengan tanaman brotowali. Beberapa contoh penyakit yang bisa ditumpaskan oleh brotowali adalah rematik, kencing manis, menurunkan glukosa (gula darah) dan obat demam.

BROTOWALI BAGI KESEHATAN


Zat yang terkandung dalam brotowali antara lain alkaloid, glikosida, berberin, harsa, palmatin, tinokrisposia, kolombin, dan kaokolin. Brotowali adalah salah satu jenis herbal yang sudah terstandaridsasi. 

Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu oleh industri farmasi tradisional. Batangnya yang segar dapat mengatasi nyeri (besifat analgetik), menurunkan gula darah, peredam panas tubuh (antipretik), serta menambah nafsu makan

Akar pada Brotowali terdapat zat yang bernama pikroretin, zat pahit yang terdapat pada batang juga. Zat yang berfungsi sebagai perangsang kinerja urat saraf pada saluran pernafasan. Yang terjadi ialah keadaan suhu tubuh yang panas akan menurun seiring berjalanan pertukaran kinerja zat di dalam tubuh, sehingga pernafasan berjalan lancar.

Selain akarnya, kandungan pada daun Brotowali juga bermanfaat untuk membersihkan luka pada bagian luar secara alami, jika tidak tersedia obat kimia untuk pembersih luka, cukup dengan rebusan dari daun Brotowali saja. Tidak hanya itu saja, daun Brotowali yang telah direbus, dapat diminum sebagai obat pencahar untuk melancarkan buang air besar.


Demikianlah Artikel BROTOWALI BAGI KESEHATAN

Sekianlah artikel BROTOWALI BAGI KESEHATAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel BROTOWALI BAGI KESEHATAN dengan alamat link https://sehatyuk21.blogspot.com/2015/07/brotowali-bagi-kesehatan.html

0 Response to "BROTOWALI BAGI KESEHATAN"

Posting Komentar